Senin, 06 Juni 2016

Bahasa Indonesia 2 (Timbangan Buku dan Pustaka)


RESENSI NOVEL A: AKU, BENCI, & CINTA
Disusun Oleh :
Dwi Nur R (12113684)
Nadyawati J (16113303)
Niken Pratiwi (16113433)
Suci Fajarwati (18113656)
Kelas 3KA07


Sistem Informasi
2015/2016




Judul Buku
:
A : Aku, Benci, & Cinta
Pengarang
:
Wulan Fadi
Penerbit
:
PT MELVANA MEDIA INDONESIA
Cetakan
:
Cetakan Ketiga Januari 2016
Jumlah Halaman
:
XXXVI BAB, 456 halaman
ISBN
:
978-602-73303-3-7
Harga Buku
:
Rp 25.000, 00


UNSUR INTRINSIK

Tema
:
Persahabatan

Alur
:
Campuran (Maju dan Mundur)

Tokoh dan Penokohan
:




Alvaro Radyana Putra
Protagonis


Anggia Serenia Quinindha
Protagonis


Alexander
Protagonis


Athala
Protagonis


Dany
Protagonis


Tara
Tritagonis


Luna
Protagonis


Arjuna
Protagonis


Seth
Protagonis


Matt
Protagonis


Mika
Protagonis


Valdo
Tritagonis


Irene
Protagonis


Hana (Ibu Anggia)
Protagonis


Albert (Ayah Alvaro)
Protagonis


Tania (Ibu Alvaro)
Protagonis
Latar
:




Tempat :
SMA National High



Rumah Anggia



Rumah Alvaro



Rumah Sakit



Gili Trawangan



Food Court


Waktu :
Pagi, siang, sore, dan malam.
Sudut Pandang
:
Orang Ketiga Pengamat

Amanat
:
Dalam keadaan susah maupun senang, sahabat akan selalu ada menemani. Tidak perduli bagaimana perasaan dirinya sendiri seorang sahabat dapat mengorbankan perasaannya demi melihat sahabatnya bahagia.

SINOPSIS
Bagi seluruh murid SMA National High sosok Alvaro Radyana Putra merupakan pria yang paling didambakan oleh siswi - siswi di sekolah itu. Tapi tidak untuk satu siswi yakni Anggia Serenia Quinindha. Alvaro merupakan sosok yang paling tidak disukai Anggia. Bagaimana Anggia tidak membenci Alvaro, ketika MOS SMA Anggia terpilih menjadi Ratu MOS berkat keberaniannya menentang kakak kelas yang bertindak semena – mena. Hingga Alvaro muncul sebagai Raja MOS dan berada disamping Anggia. Dan Alvaro menyenggol mahkota Anggia sampai jatuh dan rusak. Lalu penderitaan Anggia tidak sampai disitu saja. Dia harus menjadi wakil Ketua OSIS dari pria yang tidak disukainya.
Bagi Alvaro Radyana Putra, Anggi akan tetap menjadi musuh terbesarnya. Tidak ada yang bisa melawan Anggi selain Alvaro. Seluruh murid sekolah itu tau akan hal itu.Alvaro datang mengunjungi kamar rawat yang sejak dua tahun menjadi tempat favoritnya. Dia sangat berharap bahwa wanita yang tertidur di kamar itu suatu hari akan terbangun.
Saat Alvaro masuk ke ruang guru, guru musik menyuruhnya untuk mentutori keponakkan guru musik itu yang tak lain adalah Anggia. Alvaro dan Anggia pun menolak dan tidak ingin mengikuti perintah guru tersebut. Akan tetapi nilai music Anggia dan nilai sikap Alvaro sangat buruk. Jika mereka mendapat nilai C mereka tidak dapat mengikuti SNM undangan. Dengan berat hati mereka mengikuti permintaan guru tersebut. Dan saat sudah di luar ruang guru mereka bertengkar lagi. Alvaro tidak akan  bisa berdamai dengan Anggi. Baginya bertengkar dengannya adalah suatu kesenangan tersendiri.
Valdo pria yang disukai Anggia yang merupakan sekertaris dari OSIS di sekolahnya meminta saran kepada Anggi, bagaimana dia dapat mendekati wanita yang dia sukai. Anggia tampak santai menjawab pertanyaan dari Valdo. Tetapi setelah itu Anggia kesal. Dan jika dia sudah kesal, dia akan ke supermarket dan membeli beberapa cokelat. Hingga dia bertemu dengan Alex.
Anggia sudah tahu bahwa pria yang disukainya tidak menyukai dirinya. Akan tetapi Anggia tetap memberikan saran untuk Valdo, meskipun dia tahu akan pahitnya itu. Dan dengan jelas Alvaro mendengar pembicaraan mereka. Alvaro pun tahu bahwa sebenernya Anggia menyukai Valdo dan dia pun tahu bagaimana sikap Valdo terhadap Anggia.
Mama Anggia mengajak Anggi untuk ikut dengannya ke jamuan malam perusahaan ayahnya. Namun Anggi menolak. Tetapi mama Anggi mengiming – imingkan cokelat yang banyak berada diacara tersebut. Tentu saja gadis penyuka cokelat ini tidak akan menolak ajakan tersebut dan dia pun setuju untuk ikut. Tidak disangka bahwa di acara seperti itu dirinya akan bertemy dengan Alex dan Alvaro. Alvaro sangat tercengang melihat penampilan Anggia yang tidak seperti biasanya. Dimata Alvaro, Anggi terlihat berbeda dia sangat mempesona malam itu. Alex menghampiri Anggi dan mereka saling berbicara bahkan tertawa. Terlihat sekali bahwa mereka saling tertarik satu sama lainnya. Alvaro pun menyadari hal tersebut dan seperti biasanya dia menarik tangan Anggi dan meminta Anggi untuk menjauhi Alex. Anggi heran apa yang dilakukan oleh musuhnya ini. Disaat musik berbunyi Alex mengajak Anggi untuk berdansa. Dan Alex menjelaskan tentang hubungan dia dengan Alvaro.
“Cinta sejati itu sulit direka. Harus ada sedikit usaha untuk melihat lebih jelas”, kata Arjuna salah satu teman Alvaro. Saat tutor gitar Alvaro Nampak canggung. Latihan pun selesai dan Anggi langsung bergegas ke luar. Disaat Alvaro ingin membuka pintu, pintu itu tidak dapat dibuka dan mereka terkunci di ruangan itu.
Tak ada cara lain untuk keluar dari ruangan itu. Saat mereka memeriksa telepon genggam mereka kehabisan baterai dan lampu padam. Tanpa Alvaro tahu, Anggi phobia akan gelap. Alvaro mencari cara agar Anggi  tidak takut lagi akan gelap. Lalu Alvaro memainkan gitar dan grand piano mencoba untuk menghibur Anggia. Dan Anggia pun ikut bernyanyi. Terdengar langkah kaki dari luar ruangan mereka pun berteriak meminta pintu dibuka. Tapi bukan satpam yang datang melainkan Tara.
Setelah kejadian itu terjadi Tara dan Alvaro menjadi semakin dekat. Dan Tara menjadi target Alvaro selanjutnya. Valdo mengajak Anggia berbicara. Dengan perasaan sangat kesal Anggia menghampiri Alvaro dan langsung menjatuhkan bom tinju di muka musuhnya itu. Anggi kesal, karena Valdo mengetahui bahwa dia suka dengan Valdo. Dan yang mengetahui hal itu hanya Alvaro seorang. Alvaro berusaha menjelaskan bahwa bukan dirinya lah yang memberitahu hal itu.
Jika Alvaro tau sakitnya seperti ini, lebih baik dia tidak dekat - dekat Anggia. Tara heran melihat wajah Alvaro yang babak belur. Lalu Alvaro melihat Anggia sedang membeli es krim bersama dengan seorang pria dan mereka terlihat sangat dekat. Alvaro penasaran siapa pria itu, dia pun mengikuti Anggia hingga masuk ke ruang karoke. Alvaro panik, kenapa Anggi ke tempat seperti itu dengan pria dewasa. Alvaro pun langsung masuk ke dalam ruang karoke dan menarik tangan Anggi keluar dari tempat itu. Seperti biasa Anggi bingung dengan sikap Alvaro yang seperti ini. Lalu Anggi menjelaskan bahwa itu kakaknya. Alvaro merasa sangat malu dan dia meminta maaf. Anggi pun meminta maaf kembali karena telah memukul Alvaro.
Alvaro membalaskan dendam Anggia ke Valdo. Sudah sejak lama Alvaro tau bahwa Valdo iri dengan dirinya dan dia hanya memainkan perasaan Anggia. Alvaro mendapat kabar dari Alex bahwa Athala memberikan respon. Alvaro pun langsung berlari menuju rumah sakit. Dia sangat senang. Alvaro membisikkan, ” I’m in love with you and I always do “.
Hari Alvaro tidak masuk sekolah. Terpaksa Anggia harus tutor ke rumah Alvaro. Alvaro nampak tidak bersemangat dan uring – uringan. Anggia kesal dan meminta Alvaro untuk menceritakan apa yang ada dibenaknya. Akhirnya Alvaro menceritakan apa yang ada dibenaknya. Akhirnya Alvaro menceritakan bahwa kedua orangtuanya akan menghentikan biaya rumah sakit pengobatan Athala. Athala merupakan wanita yang sangat disukainya. Disaat suasana sudah mencair antara Alvaro dan Anggi. Kedua orangtua Alvaro tiba di rumah. Anggi pun memperkenalkan dirinya dan mereka terlihat sangat menyukai Anggi. Hingga kedua orantua Alvaro ingin dirinya lebih dekat dengan Anggi dan mereka akan melanjutkan biaya perawatan Athala.
Masa jabatan ketua OSIS sudah selesai. Alvaro menyematkan selempangan untuk dipakai oleh Irene. Irene merupakan wanita yang Valdo sukai. Akan tetapi Irene mulai dekat dengan Alvaro. Dan Anggi pun kesal dengan hal tersebut. Hingga Anggi tidak datang untuk tutor musiknya.
Alvaro berbicara dengan Anggi di ruang janitor. Alvaro mempertanyakan sikap Anggi yang tiba – tiba meghindar darinya dan menjadi cuek dengannya. Anggi kesal akan sikap Alvaro yang memainkan wanita. Karena sikapnya itu dia harus menenangkan Tara temannya selama 2jam. Saat mereka ingin keluar, lagi – lagi mereka terkunci di ruangan yang sempit dan gelap. Kali ini bukan hanya Anggia yang mengalami phobia melainkan Alvaro juga. Alvaro phobia akan ruangan yang sempit. Mereka berusaha agar tidak terlalu merasakan phobia nya, mereka pun akhirnya berbincang – bincang ringan. Dan Anggi memberikan saran pada Alvaro untuk menjalani hubungan yang serius dengan wanita dan tidak main – main dengan perasaan.
Alvaro menjenguk Athala kembali. Dia mengungkapkan isi hatinya. Dia ingin sekali Athala cepat pulih kembali. Dan tidak disangka ibu Alvaro datang ke ruangan itu. Suasana canggung antara ibu dan anak ini akhirnya mulai mencair. Alex sebal vokalis kedua dari bandnya Breathless yakni Millo selalu pergi kemanapun sesukanya. Dan kali ini Millo pergi ke National High sekolahnya terdahulu. Saat mencari Mello, tak sengaja Alex melihat Anggi. Singkat cerita Alex menyapa Anggi dan mengajari Anggi bermain gitar. Anggi nampak sangat rileks diajari oleh Alex. Alvaro melihat keakraban mereka dan membuka kembali kenangan lamanya dengan Athala dan juga Alex saat mereka masih berada dipanti asuhan. Alvaro yang memberikan nama Alexander kepada Alex. Anggi melihat Alvaro berdiri di depan pintu dan dia sontak memAnggil Alvaro. Alvaro bergegas menghampiri mereka dan mengusir Alex secara  halus.
Anggi terkejut saat mengetahui bahwa Alvaro adalah salah satu anggota band breathless . Dia bingung karena selama ini Alex  selalu menceritakan tentang kisah kehidupannya , namun mengapa Alex tidak dapat jujur pada Anggi mengenai status dia sebagai salah satu personil band tersebut . Saat Alvaro mengetahui hal itu, dia mencoba menjauhkan hubungan Anggi dengan Alex. Namun perbuatan Alvaro diketahuio oleh Anggi saat Alex menjemput Anggi dan minta penjelasan dengannya . Anggi sangat kesal terhadap perbuatan Alvaro . Mengapa Alvaro menvoba merusak hubungan Angi dengan Alex? Alvaro pun bingung..mengapa dia selalu memberikan perhatiannya kepada Anggi ,padahal matanya selalu tertuju pada Athala.
Tanpa disadari,Alvaro semakin terlihat bahwa dia sangat menyukai Anggi. Walau dia berkata tidak tapi hatinya tak bisa menolak untuk terus memperhatikan Anggi.Tetapi Anggi selalu saja dibuat kesal oleh kelakuan Alvaro yang selalu ertindak seenaknya.Saat itu Anggi sedang makan siang bersama kedua temannya , Valdo dan Tara. Ketika mereka sedang makan siang tiba –tiba datanglah seorang perempuan dengan amarah nya dia langsung berteriak dan memarahi Anggi. Perempuan itu meminta penjelasan ada hubungan apa antara Anggi dengan Alex.Sepertinya wanita itu adalah fans fanatiknya Alex.Karena Angi merasa tidak bersalah,dia berusaha melawan perempuan itu,namun perempuan itu langsung menampar pipi Anggi sangat kencang,kemudian datanglah seorang pria yang menolong Anggi,dan ternyata pria yang menolongnya itu bukannlah Alex. Pria itu adalah Alvaro.
Anggi sedang belajar gitar bersama Alvaro seperti biasanya, namun bedanya . Hubungan mereka sekarang berubah menjadi lebih baik. Alvaro sangat baik pada Anggi, begitu juga sebaliknya. Saat selesai belajar gitar , Anggi mengucapkan terimakasih kepada Alvaro. Dipikir Alvaro Anggi akan menciumnya, ternyata itu hanya bercanda. Alvaro sedikit kecewa , karna dia menginginkannya . Ketika itu Alex menelpon Anggi dan mengajaknya untuk bertemu. Tapi ditolak oleh Anggi , karena dia sudah janji dengan Alvaro untuk mentraktirnya bakso sebagai ucapan tanda terimakasihnya kepada Alvaro. Anggi pun tak ingin merusak hubungannya dengan Alvaro yang telah membaik ini. Dia pun berharap..jika ciuman tadi bukan becrcanda, dia juga tidak tahu apakah dia akan menyesalinya atau tidak.
Seperti biasanya Alvaro mengunjungi Athala dirumah sakit . Dia membawakan serangkaian bunga mawar yang disiapkan oleh mamanya . Athala sangat menyukai bunga mawar. Sesampainya dirumah sakit Alvaro bertemu teman dokternya, dia mengatakan kepada Alvaro bahwa keadaan Athala semakin membaik. Alvaro sangat senang sekali mendengar kabar baik itu. Dikamar Athala terlihat seorang pria sedang menjaganya,yang tidak lain adalah Alex. Mereka membahas mengenai Anggi , entah mengapa Alvaro selalu membela Anggi dan menyuruh Alex untuk menjauhi Anggi . Dan Alex tidak terima itu , namun Alvaro jujur pada Alex , bahwa dia menyukai Anggi. Alex pun menjadikan Alvaro sebagai rivalnya kali ini.
Dany menyadari  bahwa adik perempuannya Anggi sedang jatuh cinta.Beberapa pertanyaan pun diberikan kepada Anggi. Ada apa sebenarnya pada adik perempuannya itu? . Tanpa diragukan lagi kalau Anggi sedang jatuh cinta pada Alvaro. Dany mengetes Anggi dengan menjadikan dirinya sebagai Alvaro. Anggi terlihat salah tingkah ketika menganggap dany sebagai Alvaro.Gue sayang lo juga roo ucap Anggi tanpa sadar. Dany pun tertawa melihat kelakuan adiknya yang tidak ingin mengakui fakta yang dirasakannya bahwa dia menyukai pria itu.
Hari sudah malam , Anggi beranjak tidur kekamarnya. Kemudian bunyilah bel rumahnya. Ketika dia lihat ada seorang pria berdiri didepan rumahnya . Alvaro dengan tampang panic cemas lelah sedang berdiri didepan rumah Anggi. Anggi menyuruh Alvaro untuk segera masuk kerumahnya dan membuatlkannya susu hangat. Namun Alvaro tanpa sadar menmAnggil Anggi dengan sebutan THAL atau ATHALA. Anggi sangat kesal dan cemburu, mengapa Alvaro memangilnya dengan sebutan itu.  Kemudian Alvaro meminta maaf kepada Anggi. Karena hari sudah larut malam , Anggi menyuruh Alvaro untuk tidur dirumahnya dulu.
Alex sedang merokok di balkon rumah sakit, dia terlihat sangat kebingungan karena memikirkan keadaan Athala. Apakah Athala mendengar pembicaraannya dengan Alvaro?.Belum terjawan=b pertanyaan itu,Alex mendengar suara wanita yang dia kenal,tidak lain adalah Anggi. Diapun berbincang dengannya. Mereka sama sama terlihat salah tingkah , apalagi saat ketahuan Dany kakaknya Anggi.
Alvaro sempat mengatakan bahwa dia akan menjadikan Anggi sebagai target ketujuhnya. Dan berita itu mulai tersebar . Karena berita itu mulai tersebar , Alvaro sangat cemas jika Anggi mengetahui berita itu . Anggi pasti akan sangat marah jika mengetahui berita ini. Disekolah berita itu telah tersebar,dan Anggi pun menjadi bahan perbincangan siswa siswa disana.Anggi pun sempat dilabrak oleh salah satu siswi. Alvaro merasa sangat bersalah hingga dia mengantarkan Anggi pulang kerumahnya. Dan keudian Alvaro memberikan undangan makan malam bersama keluarga Alvaro. Alvaro mengundang keluarga Anggi untuk ikut makan malam bersama keluarga dirumahnya.
Bingung Alvaro memilih baju yang akan dikenakannya saat makan malam bersama keluarga Anggi. Dia mencoba semua baju formalnya dan berkali kali mengubah gaya rambutnya. Seketika Alvaro mengingat kejadian ketika Anggi masuk ke ruang BK karena dibully oleh siswi siswi disana.Alvaro mengetahui kabar itu dari temannya dan segera membantu Anggi. Diruang BK Anggi terlihat berantakan seperti habis dijambak,dan dia terlihat sedang dimarahi oleh salah satu guru bk .Alvaro berusaha membela Anggi. Anggi terlihat malu dan terus menundukkan kepalanya.Tiba-Tiba Anggi menitihkan air matanya , dia sedih karena kacamatanya rusak .Dia menyesalkan karena kacamata itu adalah pemberian dari Alvaro. Melihat sikap Anggi , Alvaro tak tega dan langsung memeluk Anggi.
Malam pun datang, mobil silver keluarga Anggi tiba dipekarangan rumah Alvaro. Keluarga mereka berdua segera mempersiapkan dinner . Dilain itu Alvaro mengajak Anggi kekamarnya untuk mengajaknya mengobrol . Setelah itu Alvaro mencoba membahas bagaimana perasaan Anggi setelah kejadian bulying kemarin. Anggi bertanya mengenai harga kacamata yang dibelikan Alvaro. Dan harganya ternyata sangatlah mahal. Hal itu membuat Anggi salah tingkah, mengapa Alvaro rela mengeluarkan uang sebanyak itu demi membelikannya sebuah kacamata. Setelah dinner keluarga selesai, Alvaro mengajak Anggi untuk menginap dirumahnya .
Hari telah menjelang siang , Anggi pun terbangun dari tidurnya , dia terkejut saat melihat dirinya telah berganti pakaian nya Alvaro. Siapa yang menggantikannnya? Alvaro kah ? . Tetapi Alvaro menjawab bahwa semalam dia meminta tolong mamanya untuk menggantikan baju Anggi. Merka melanjutkan sarapan bersama keluarga Alvaro. Setelah itu Alvaro mengajak Anggi untuk ikut dengannya pergi keluar, entah akan pergi kemana. Saat diperjalanan Anggi melihat ada pesan masuk di HP nya Alvaro . Pesan itu mengatakan bahwa Athala collapse. Anggi terlihat kesal saat melihat pesan itu, dia mengira bahwa Alvaro hanya menjadikannya sebagai pelampiasan ketika Athala sedang collapse.
Dalam tidurnya Athala merasakan deru napas seseorang, dia yakin ada seseorang yang sedang tidur disampingnya saat ini . Tapi Athala tidak tahu siapa yang sedang menunggunya saat ini, apakah Alex atau Alvaro. Disekolah sedang jam istirahat. Alvaro jalan menuju kantin sekolah nya sambil membawa sebucket bunga anggrek . Dia dilihat oleh siswa siswi yang ada dikantin. Lalu Alvaro jalan menuju meja teman temanya yang ada dipojokkan kantin . Alvaro ternyata meminta teman temannya untuk membantu dia memberikan bunga ini kepada Anggi. Setibanya dikantin, Anggi terkejut melihat Alvaro berdiri didepannya . Bunga Anggrek yang berjatuhan diatas kepalanya Anggi membuat hati Anggi lemas. Alvaro meminta maaf kepada Anggi atas kejadian kemarin, Karena Anggi tak tahan menahan air matanya untuk jatuh. Dia memilih untuk meninggalkan tempat itu,dan tiba tiba kepala Anggi terbentur bola basket yang nyasar. Dia hanya mendengar seseorang langsung menolongnya dan menopangnya .
Anggi telah sadar dia sedang berbaring diruang UKS saat ini, dan dia melihat ternyata valdo lah yang telah menolongnya tadi . Valdo berbicara dengan Anggi,namun Anggi masih terlihat kesal karena Valdo hanya datang saat butuhnya saja. Dia mengatakan bahwa Alvaro lah yang menggendong Anggi tadi, dan sekarang Alvaro sedang menunggunya diluar UKS. Anggi pun mengizinkan Alvaro untuk masuk kedalam UKS. Mereka berbincang mengenai hal yang baru saja terjadi. Anggi menyadari bahwa dia tidak berhak marah karena Anggi hanyalah sebatas temannya Alvaro. Namun Alvaro mengatakan sebaliknya, Alvaro mengatakan bahwa dia menyukai Anggi. Tanpa diduga,Anggi membalah suka juga kepada Alvaro. Keesokannya , Anggi diajak oleh luna pergi ke Gili Trawangan. Hana ibunya Anggi meminta Alvaro untuk menyusul Anggi ke gili trawangan untuk menjaganya.
Pemandangan yang sangat indah sangat terlihat ketika Alvaro dan keempat temannya sampai di gili trawangan . Alvaro sangat tak sabar untuk segera bertemu dengan Anggi . Tetapi hingga sekarang mengapa Anggi belum terlihat juga?. Alvaro menyewa sebuah sepeda untuk berkeliling disekitar hotel,disisi lain keempat temannya sibuk main air di pinggir pantai. Lalu tiba tiba Alvaro melihat Anggi sedang berjalan dengan Luna dan teman-temannya. Alvaro terlihat cemburu. Lalu Alvaro mengerjai teman temannya luna untuk memperebutkan Anggi. Tetapi Anggi sangat kesal, mengapa Alvaro selalu saja menganggunya . Mengapa Alvaro bisa ada disini?.
Alvaro mengadakan pesta kecil di hotel yang diinap nya, semua orang dia undang termasuk Anggi. Namun Anggi tetap tidak mau datang ke pesta tersebut. Disini Alvaro dan Alex bersaingan untuk mendapatkan hati Anggi. Dikamar Anggi terlihat bingung apakah dia akan datang kepesta atau tidak. Dan Anggi memilih untuk tidur dikamarnya saja.Beberapa menit kemudian , suara ketukan terdengar dari jendela,ternyata Alex datang dengan membawa gitar bersamanya untuk menarik hati Anggi. Tetapi Anggi teringat Athala,dia menanyakan Athala pada Alex. Anggi sangat sedih ketika tahu Athala adalah mantannya Alex. Dia berfikir Alex samanya dengan Alvaro,hanya menjadikannya sebagai pelampiasan. Tak lama kemudian,Alex pergi meninggalkan Anggi. Disusul dengan kedatangan Alvaro. Sejak tadi Alvaro menunggu Anggi di aula untuk mengajaknya berdansa. Namun Anggi tak kunjung datang . Alvaro menyusul Anggi kekamarnya dengan membawakan sebucket bunga dan mengiriminya beberapa voice note. Anggi sangat senang mendengar itu. Alvaro pun langsung menembak Anggi saat itu juga,dan Anggi pun menerimanya.
Anggi dan Alvaro tak pernah merasakan sebahagia ini. Mereka asik berdua jalan jalan dipinggir pantai. Anggi dengan piyama beruangnya,dan Alvaro mengenakan kaos putih dibalut jas hitam . Teman – temannya Alvaro sedang memperhatikan mereka dari ujung bibir pantai. Mereka tentu ikut bahagia melihat temannya sebahagia ini. Anggi ikut tertawa melihat kekonyolan Alvaro bersama teman-temannya. Setibanya dikamar hotel, Anggi menemukan bingkisan kecil ,terdapat surat dari Alvaro yang berisikan ajakan untuk dinner mala mini dipingir pantai. Tak lupa Alvaro memberikan gaun hitam yang sangat cantik  untuk dekenakan oleh Anggi.Tetapi saat Alvaro sedang menyiapkan makan malamnya bersama Anggi,dia mendapatkan pesan bahwa Athala sudah siuman.
Alex dan Alvaro telah tiba dirumah sakit,tempat dimana Athala dirawat. Mereka berbincang hingga Alvaro tersadar bahwa dia telah meninggalkan Anggi dipantai. Alvaro berusaha menelfon Anggi. Diangkatlah telpon dari Alvaro,dia mendengar music yang sangat keras. Ini seperti di disko.Athala sedang mabuk. Alvaro sangat panic. Dan dia meminta tolong temannya untuk menjemput Athala dan membawaanya pulang kerumah nya.
Alex setibanya dirumah, dia lupa memiliki janji dengan adiknya untuk mengajaknya pergi tur besama dia, namun ternyata adiknya juga tersadar bahwa dia dengan Alex bukannlah saudara kandung. Anggi dijemput oleh  Hana di bandara. Mamanya terlihat khawatir melihat keadaan Anggi yang seperti ini.Sesampainya dirumah. Anggi terkejut meihat kedatangan Alvaro yang sedang berdiri didepan pintu rumah Anggi. Alvaro sangat menyesal dan berusaha meiminta maaf pada Anggi. Tapi tak semudah itu untuk memaafkannya,walaupun hati Anggi luluh mendengar ucapan Alvaro . Tetapi dia sudah terlanjur sakit melihat dirinya dicampakkan oleh Alvaro .
Tidak seperti biasanya Alex telat datang mengunjungi Athala dirumah sakit hari ini. Alex tiba dirumah sakit dengan tampang sangat lelah. Athala akhirnya menyuruh Alex untuk segera istirahat dan tidur. Sebelumnya Athala mengatakan pada Alex bahwa dia akan jujur pada Alvaro mengenai perasaannya. Tak lama Alvaro tiba dirumah sakit dan menemui Athala. Athala terlihat senang dan gugup. Karena setelah ini dia akan mengatakan perasaannya pada Alvaro dan berharap hubungannya dengan Alex dan Alvaro akan kembali seperti dulu lagi. Namun,athala menerima telepon dari temannya. Dan temannya mengatakan bahwa Alvaro telah memiliki pacar. Hati Athala sangat sakit menerima kenyataan itu. Dia berusaha dengan sabar untuk menghadapinya,dan Alvaro pun juga langsung jujur padanya bahwa dia telah memiliki pacar. Athala pun berusaha menerimanaya dengan lapang dada.
Tanpa disadari tangisan Athala telah mengalir dan dia tak dapat menghentikannya. Terlalu sakit dan sesak untuk menerima kabar bahwa Alvaro telah memiliki seorang pacar.Ternyata selama perbincangannya Athala dengan Alvaro, Alex mendengarnya dibalik pintu , dia juga mendengar isak tangisan Athala . Namun Alex lebih memilih untuk terdiam sambil merokok di balkon. Dia merasa bersalah . Mengingat Athala jatuh terbaring dirumah sakit dikarenakan oleh dia. Athala tertabrak mobil karena dia berusaha menyelamatkan Alex yang sedang mabuk berat.
Alvaro menerima telepon dari Anggi dan dia langsung meninggalkan Athala untuk langsung menemui Anggi . Ternyata Anggi sedang berada di restoran fastfood bersama dengan keempat temannya . Anggi meminta Alvaro untuk segera berbaikan dengan keempat temannya. Alvaro pun menjelaskan semuanya.  Dan teman-temannya merasa bersalah. Setelah itu mereka tertawa bersama kembali. Anggi merasa sangat senang melihat Alvaro baik baik saja dengan keempat temannya. Alvaro merasa sangat beruntung telah memiliki Anggi. Dia telah sabar menghadapi sikap Alvaro selama ini. Dia telah memberikan sebagian besar perhatian padanya. Langsung Alvaro memluk Anggi didepan keramaian.
10 tahun telah  berlalu, Athala kini memiliki anak . Begitu juga Alvaro dan teman-temannya. Setelah lulus S1 Alvaro langsung melamar Anggi didepan Ayahnya Anggi yang sedang sakit stroke.Dan lamarannya itu diterima oleh Anggi dan Keluarganya. Kini mereka telah memiliki  anak yang sangat cantik. Anggi pun memiliki profesi sebagai dokter. Begitu pula dengan Alex yang akhirnya bertunangan dengan adik tirinya Alexa. Sungguh tak terduga dari semua kejadian ini. Ternyata perasaan seseorang bisa berubah begitu saja, bahwa keputusan terbaik itu akan didapat saat kamu merelakan yang menurutmu terbaik bagimu.
    



Timbangan Pustaka

Judul Novel                 : A : Aku, Benci, & Cinta
Pengarang                   : Wulanfadi
Terbit                           : Best media, 01 Desember 2015
Jumlah Halaman          : 456 halaman

Wulan Fadila Fatia, seorang perempuan kelahiran 1999 dan bersekolah di SMPN 68 Jakarta Selatan dan SMAN 3 Bogor. Berminat pada bidang menulis dan fotografi. Dalam menyalurkan hobi menulis, dia menerbitkan cerita buatannya melalui situs Wattpad. Hingga 2015, pengikutnya di Wattpad melebihi 34.270 pengguna dan dia telah menyelesaikan 25 cerita. Wulan juga penyuka kopi dan penikmat musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar