Jumat, 09 Oktober 2015

Jenis Bahasa

Setiap Negara memiliki bahasa yang berbeda-beda. Seperti halnya Negara Indonesia. Negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi antar manusia. Bahasa berupa simbol bunyi atau vokal yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa digunakan untuk mempermudah komunikasi dengan oranglain. 

Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis bahasa. Jenis bahasa terdiri dari bahasa lisan atau tulisan, bahasa isyarat, bahasa mesin, dan bahasa batin.
  1. Bahasa lisan merupakan suatu komunikasi antar manusia untuk mengutarakan maksud yang diucapkan memalui kata yang terucap dari mulut manusia. Sedangkan bahasa tulisan merupakan suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari berbagai kosa kata yang disusun hingga terbentuk suatu kalimat sehingga mempunyai arti dan dituangkan kedalam bentuk tulisan. 
  2. Bahasa isyarat merupakan bentuk komunikasi antar manusia yang menggunakan anggota tubuh (seperti tangan atau gerak bibir).  Biasanya yang menggunakan jenis bahasa ini adalah kaum tunarungu atau tunawicara. Jenis bahasa ini digunakan dengan mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerakan bibir, dan juga ekspresi wajah. Sehingga lawan bicara mereka dengan mudah dapat memahami apa yang dimaksud oleh si pembicara. 
  3. Bahasa mesin atau disebut juga bahasa pemrograman. Jenis bahasa ini merupakan bahasa yang digunakan untuk memerintah atau berkomunikasi dengan komputer. Dengan menggunakan syntax-syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman yang ada. Tujuannya agar komputer dapat memahami dan mampu menjalankan apa yang kita perintahkan. 
  4. Bahasa batin merupakan suatu interaksi mental secara langsung dengan menggunakan isi hati manusia. Bahasa batin tidak memerlukan sarana kata seperti jenis bahasa lainnya. Istilah lainnya yang lebih mirip dengan bahasa batin yaitu telepati.  

Dengan mengetahui pengertian singkat mengenai apa itu bahasa dan jenis bahasa, diharapkan dapat mempermudah komunikasi kita dengan oranglain. Pergunakanlah bahasa dengan sebaik mungkin. Karena bahasa merupakan ciri dari sebuah Negara.


Sumber:
http://diahkusuma2012.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-jenis-dan-fungsi-bahasa.html diakses tanggal 10 Oktober 2015

Suci Fajarwati Ramadhan
18113656. 3KA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar