Jumat, 22 Januari 2016

Tugas Softskill 4



LAPORAN ANALISA PENGARUH ANTARMUKA
LOWONGAN PEKERJAAN BERBASIS WEB
DENGAN MINAT PENGGUNA

DISUSUN OLEH :
SUCI FAJARWATI RAMADHAN
(18113656)
3KA07



SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA



LEMBAR PENGESAHAAN

LAPORAN ANALISA PENGARUH ANTARMUKA

LOWONGAN PEKERJAAN BERBASIS WEB

DENGAN MINAT PENGGUNA





Disusun Oleh:

Suci Fajarwati Ramadhan (18113656)

Dilaksanakan: 10 November 2015 – 10 Desember 2015



Disahkan Oleh:
Dosen Pembimbing
Dekan Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma


(Sangsang Sangabakti, S.Sos, M.Psi)
(Prof. Dr. Rer. Nat. A. Benny Mutiara)









KATA PENGANTAR



Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Analisa Pengaruh Antarmuka Lowongan Pekerjaan Berbasis Web dengan Minat Pengguna. Penulis sebagai penyusun menyadari, bahwa dalam proses penyusunan laporan ini tidak mungkin dapat terselesaikan tanpa bantuan, bimbingan dan doa restu dari berbagai pihak. 
Oleh karena itu penulis selaku penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Prof. Dr. Rer. Nat. A. Benny Mutiara, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.
2. Dr. Setia Wirawan, S.Kom, M.MSI, selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma.
3.    Sangsang Sangabakti Selaku dosen pembimbing.
4.  Rekan-rekan Universitas Gunadarma yang selama ini banyak membantu serta memberikan dukungan.


Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Perancangan Jaringan Komputer ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan. Penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.


Depok,  01 Januari 2016


                                                      
                                                      Suci Fajarwati Ramadhan



BAB I PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG
Sekarang ini teknologi informasi sudah semakin berkembang pesat. Semakin bertambahnya tahun teknologi informasi sudah semakin mengalami kemajuan yang signifikan. Teknologi informasi itu sendiri merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia dengan bekal pengetahuan melalui akal manusia. Umumnya teknologi informasi ini digunakan untuk mengola data, meliputi memproses, mendapatkan data, menyusun data, menyimpan data, memanipulasi data, dengan menggunakan berbagai cara dan prosedur pengolahan data agar menghasilkan suatu informasi yang memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki arti serta menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi para pengguna informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi ini sangat membantu dalam beberapa bidang, diantaranya; bidang telekomunikasi, bidang pemerintahan, bidang perekonomian, bidang pendidikan, bidang pertanian, bidang ketenagakerjaan, dan masih banyak lagi bidang lainnya yang digunakan untuk pemanfaatan teknologi informasi ini.
Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai salah satu bidang teknologi informasi yakni teknologi informasi dalam bidang ketenegakerjaan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknologi informasi sangat mempermudah kegiatan manusia dalam memproses informasi. Akan tetapi tidak setiap orang mampu menggunakan atau mengoperasikan teknologi yang ada. Kurangnya pengetahuan akan teknologi yang digunakan akan mempersulit dalam pengaksesan teknologi informasi. Oleh karena itu dengan disusunnya proposal dengan judul “Analisa Pengaruh Antarmuka Lowongan Pekerjaan Bebasis Web dengan Minat Pengguna” diharapkan dapat membantu perusahaan yang menggunakan jasa pencarian pekerjaan secara berbasis web ini dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menarik minat bagi para pengguna yang menggunakan pencarian kerja melaui beberapa situs web yang tersedia. Serta dengan adanya analisa ini diharapkan antara pihak perusahaan serta pihak pengguna dapat saling bertukar informasi dengan mudah dan tidak membuat pengguna mengalami kesulitan dalam penggunaan tampilan antarmuka dengan situs web yang disediakan.
 
1.2    IDENTIFIKASI MASALAH
Dari latar belakang tersebut dapat diidentifikasi bahwa masalah yang timbul dari lowongan pekerjaan berbasis web ini yaitu bagaimana menimbulkan minat pengguna dalam penggunaan situs atau web pencari lowongan pekerjaan tersebut.

1.3    PEMBATASAN MASALAH
Agar permasalahan yang akan dibahas tidak terlalu luas dan berkembang  terlalu jauh maka penulis membuat suatu batasan masalah. Adapun batasan masalah yang penulis ambil dari Analisa Pengaruh Antarmuka Lowongan Pekerjaan Berbasis Web dengan Minat Pengguna yaitu dengan menggunakan:
1.      Objek Penelitian
Dalam analisa penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah 3 website untuk mencari dan mendaftar lowongan pekerjaan, yakni; jobindo.com, jobs.db, dan  karir.com.
2.      Subjek Penelitian
Dalam analisa penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah 10 orang mahasiswa Universitas Gunadarma yang dipilih secara acak yang berada pada tingkat 4 tahun 2015/2016.

1.4    RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang tersebut terdapat beberapa rumusan masalah:
1.      Apa yang dibutuhkan dalam mempermudah pengaksesan lowongan pekerjaan berbasis web?
2.      Apa pengaruh  antarmuka sebuah website dengan minat pengguna?
3.      Apa yang dibutuhkan untuk menambahkan minat pengguna dalam penggunaan website lowongan pekerjaan?

1.5    TUJUAN PENULISAN
        Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.      Dapat mengetahui pengaruh dari antarmuka (interface) dengan minat pengguna.
2.      Dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam mempermudah pengaksesan lowongan pekerjaan berbasis web.
3.      Dapat memberikan masukan kepada perusahaan yang menggunakan pencarian pekerjaan secara berbasis web.

1.6    KEGUNAAN PENULISAN
Dengan adanya penulisan ini diharapkan dapat mengetahui manfaat dari penggunaan teknologi informasi dalam bidang  ketenagakerjaan yang berbasis web. Menambah pengetahuan serta informasi secara cepat dan tepat dalam mencari lowongan pekerjaan melalui situs web yang menyediakan lowongan pekerjaan secara online ini.
 


BAB II LANDASAN TEORI

2.1    KAJIAN TEORI

        2.1.2        ANALISA
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, analisa merupakan penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya).
Analisa merupakan “membaca” teks, yang melikaslisasikan tanda-tanda itu dalam interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan - Robert J.Schreiter, 1991.
Analisis adalah sebuah penguraian pada pokok atas bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan - Rifka Julianty.



        2.1.2        ANTARMUKA
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Pengertian antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).


         2.1.3        BERBASIS WEB

Berbasis web atau web based merupakan teknologi informasi yang membutuhkan internet atau intranet dan juga sebuah browser. Berbasis web (web based) tidak banyak memerlukan program yang akan diinstal di sisi pengguna.




        2.1.4       DESAIN
Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen, atau struktur.
Desain adalah sebuah kegiatan kreatif yang mencerminkan keanekaan bentuk kualitas, proses, pelayanan, dan sistem seperti sebuah lingkaran yang saling berhubungan. Selain itu desain merupakan faktor yang membangun kegiatan inovasi pemanusiaan teknologi, dinamika budaya, dan perubahan ekonomi - International Council of Societies of Industrial Design (ICSID).

       2.1.5        LOWONGAN PEKERJAAN
Lowongan pekerjaan atau yang disebut juga dengan penarikan (recruitmen) pegawai merupakan suatu proses atau tindakan yang dilakukan oleh organisasi untuk mendapatkan tambahan pegawai melalui beberapa tahapan yang mencakup identifikasi dan evaluasi sumber-sumber penarikan tenaga kerja, menentukan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi, penempatan, dan orientasi tenaga kerja. Penarikan pegawai bertujuan menyediakan pegawai yang cukup agar manajer dapat memilih karyawan yang memenuhi kualifikasi yang mereka perlukan (Malthis:2001). Rekrutmen yang efektif memerlukan tersedianya informasi yang akurat dan berkesinambungan mengenai jumlah dan kualifikasi individu yang diperlukan untuk melaksanakan berbagai pekerjaan dalam organisasi. Aktivitas rekrutmen akan menyisihkan pelamar yang kurang tepat dan memfokuskan upayanya pada calon yang akan dipanggil kembali. 

        2.1.6        MINAT
Minat adalah kesadaran seseorang terhadap suatu objek, orang, masalah, atau situasi yang mempunyai kaitan dengan dirinya. Artinya minat harus dipandang sebagai sesuatu yang sadar. Karenanya minat merupakan aspek psikologis sesorang untuk menaruh perhatian yang tinggi terhadap kegiatan tertentu dan mendorong yang bersangkutan untuk melakukan kegiatan tersebut – Sutjipto (2001).

       2.1.7        PENGARUH
Pengaruh adalah kemampuan yang terus berkembang yang berbeda dengan kekuasaan. Tidak begitu terkait dengan usaha memperjuangkan dan melaksanan kepentingan – Uwe Becker.
Pengaruh adalah suatu tipe kekuasaan yang jika seorang yang dipengaruhi agar bertindak dengan cara tertentu, dapat dikatakan terdorong untuk bertindak demikian, sekalipun ancaman sanksi yang terbuka tidak merupakan motivasi yang mendorongnya –Norman Barry.




BAB III METODOLOGI PENULISAN



3.1   PROSEDUR PENELITIAN
1.      Waktu Penelitian              : 20 Desember 2015
2.      Tempat Penelitian             : Kampus E Universitas Gunadarma
3.      Populasi Penelitian            : Mahasiswa Universitas Gunadarma Tingkat 4 tahun ajaran 2015/2016
4.      Sampel Penelitian             : 10 orang mahasiswa Universitas Gunadarma

3.2   METODE PENELITIAN
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis. Dengan mengumpulkan informasi secara faktual, akurat, dan terperinci mengenai fakta yang menitikberatkan pada observasi dan suasana ilmiah. Dengan mencari teori serta data yang berhubungan dengan pengaruh antarmuka suatu lowonggan pekerjaan yang berbasis web dengan minat pengguna. Dengan mengambil 5 sampel orang dari mahasiswa tingkat 4 tahun ajaran 2015/2016 mengenai tanggapan mereka tentang pengaruh antarmuka lowongan pekerjaan yang berbasi web dengan minat pengguna. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan lembar kuesioner yang akan diisi oleh mahasis-mahasiswa tersebut.

3.3   INSTRUMEN PENELITIAN
Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut :
            3.3.1   STUDI PUSTAKA
Teknik studi pustaka dilakukan untuk pengumpulan data melalui buku-buku dan internet yang dijadikan sebagai sumber.
  
           3.3.2   TEKNIK ANGKET (KUISIONER)
Dalam penelitian ini melakukan pengumpulan data dari pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk menggalai data sesuai dengan permasalahan penelitian.

           3.3.3   TEKNIK OBSERVASI
Melakukan observasi dengan melihat dokumen-dokumen dan meninjau langsung bagaimana cara kerja dalam sebuah bengkel sehingga diperoleh data yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

3.4 TEKNIK ANALISIS DATA
Dari data yang telah ada akan ditelaah secara menyuluruh. Pada penelitian ini akan dilihat hasil kuesioner yang diisi oleh 5 orang mahasiswa Universitas Gunadarma untuk mengetahui tanggapan dari mereka mengenai pengaruh antarmuka lowongan pekerjaan dengan minat pengguna. Setelah itu data akan dianalisa dengan mengkategorikan data tersebut untuk mmenarik suatu kesimpulan dari hasil analisa ini.





4.1    TAMPILAN WEBSITE YANG DIANALISA

Dalam penelitian ini penulis menggunakan 3 website pencarian kerja yang sering digunakan orang banyak. Diantaranya adalah website karir.com, jobsdb.com, dan jobstreet.com . Dari ketiga website tersebut akan dijelaskan secara singkat tampilan yang ada pada website tersebut. Diantaranya seperti dibawah ini.

      4.1.1   Karir.com

Karir.com merupakan portal website karir pertama di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1999. Situs ini memiliki visi yaitu ingin menjadi aset bangsa yang dapat membantu Indonesia menjadi kekuatan ekonomi dunia dan ingin menciptakan dunia bagi setiap orang untuk dapat berkarya secara berkesinambungan dengan sepenuh hati dan  menjadi lentera bagi dirinya dan sesama. Berikut adalah beberapa tampilan dari website karir.com ini.


Gambar 4.1.1.1 Tampilan Header Karir.com

Pada gambar diatas merupakan tampilan header pada menu utama dari karir.com . Pada header ini terdapat menu navigasi disamping logo dari karir.com yaitu cari karir, program, dan pengembangan. Dan pada sebelah kanan terdapat pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sehingga pengguna dapat menggunakan bahasa yang dipahaminya. Lalu terdapat menu masuk. Ketika user sudah memiliki akun dari website ini user dapat memasukkan email beserta password user. Berikut adalah tampilan dari menu masuk tersebut.


Gambar 4.1.1.2 Tampilan Menu Login

Dan jika user belum memiliki akun user dapat mengklik daftar sekarang atau pada saat user mebuka halaman utama, user dapat langsung mendaftarkan diri user.


Gambar 4.1.1.3 Tampilan Menu Navigasi Perusahaan


Pada header yang paling kanan terdapat menu navigasi perusahaan. Seperti gambar diatas jika ingin mendaftarkan peruasahaan user untuk bergabung pada karir.com user dapat langsung menghubungi kontak person yang ada. Dan dijelaskan juga keuntungan apa saja yang dapat user dapatkan jika user bergabung dengan karir.com ini.

Gambar 4.1.1.4 Tampilan Pencarian Kerja


Terdapat kolom pencarian yang digunakan untuk mempermudah dalam pencarian pekerjaan. User dapat mengetikkan jabatan, nama perusahaan, atau kata kunci lainnya. Atau dapat juga mengetikkan lokasi yang diinginkan. Kolom pencarian ini sama fungsinya dengan menu navigasi cari karir. Ketika user menekan tombol menu navigasi cari karir, maka user akan menuju halaman dari cari karir. Disini tertera dan tersedia dengan jelas serta membuat menjadi mudah jika user ingin mencari pekerjaan sesuai yang user inginkan.

Gambar 4.1.1.5 Tampilan Menjelajahi Lokasi
 Lalu pada badan utama halaman utama terdapat jelaja kota yang dapat mempermudah dalam pencarian pekerjaan di beberapa kota yang diinginkan.

Gambar 4.1.1.5 Tampilan Badan utama Karir.com
Setelah itu pada bagian footer terdapat tombol yang bentuknya seperti telepon genggam dan juga komputer. Jika diklik yang telepon genggam maka tampilan website akan berubah menjadi tampilan pada telepon genggam. Begitu pula jika yang diklik layar monitor komputer. Dan juga pada bagian footer disediakan sosial media dari karir.com 


Gambar 4.1.1.6 Tampilan Footer


4.1.2 Jobsdb.com
Jobsdb.com merupakan salah satu portal lowongan kerja terkemuka di dunia. Jobsdb ini termasuk kedalam portal lowongan kerja favorit di Asia. Sejak tahun 1989 perusahaan ini terdaftar di Bursa efek Australia atas nama Seek Linited yaitu sebuah portal lowongan kerja terbesar di dunia. Dengan pemahaman dan wawasan yang dimiliki di setiap negara, serta kemampuannya dalam penguasaan teknologi, jobsdb ini menyediakan lowongan dan kesempatan yang terbaik untuk para pencari kerja, dan di saat yang bersamaan memberikan calon-calon karyawan terbaik untuk perusahaan yang menjadi klien perusahaan ini. Berikut ini beberapa tampilan dari website jobsdb.com :
Gambar 4.1.2.1 Tampilan Header dan Kolom Pencarian
Tampilan header pada website jobsdb.com ini terdiri dari tombol masuk dan daftar, pencarian kerja berdasarkan negara, bahasa yang ingin digunakan, serta menu navigasi seperti; beranda; my jobdb; tips dunia kerja; dan juga event yang diadakan oleh website ini.
Pada badan utama di beranda terdapat kolom yang digunakan untuk pencarian lowongan kerja. Pada badan utama juga terdapat beberapa navigasi link yang mempermudah untuk mencari pekerjaan sesuai fungsi, industry, lokasi, dan daftar pekerjaan yang lengkap. Navigasi link ini berada pada badan utama halaman utama. Sehingga mempermudah user dalam pencarian pekerjaan.
Gambar 4.1.2.2 Tampilan Navigasi Link


Dan pada bagian footer terdapat informasi tentang pemasangan iklan, navigasi link pencarian kerja, perusahaan yang bergabung, tentang jobsdb, dan perkakas yang digunakan, serta social media yang jobsdb miliki.
Gambar 4.1.2.3 Tampilan Footer

Jika menekan tombol menu navigasi MY JOBSDB, user harus login akun user terlebih dahulu. Jika user tidak memiki akun, user harus daftarkan diri user untuk memiliki akun jobsdb ini. Fungsi dari menu navigasi ini adalah untuk menyimpan data user sebagai pelamar dan data lainnya.

Gambar 4.1.2.4 Tampilan Menu navigasi Tips Lowongan Kerja
Pada menu navigasi Tips Dunia Kerja, disini jobsdb memberikan tips-tips yang bermanfaat bagi para pelamar kerja yang belum memiliki pekerjaan.

Gambar 4.1.2.5 Tampilan Menu Navigasi Event
Menu navigasi yang terakhir adalah event. Event ini berfungsi untuk member tahu para pengguna website ini tentang informasi acara-acara yang diadakan oleh perusahaan ini.


4.1.3   Jobstreet.co.id
Jobstreet merupakan perusahaan yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Didirikan sejak tahun 1997 di Malaysia. Visi dari perusahaan ini adalah menghubungkan bisnis dengan bakat dan meningkatkan taraf hidup melalui karier yang lebih baik. Pada November 2014 perusahaan ini menjadi bagian dari Bursa Efek Australia dan terdaftar sebagai SEEK Limited – perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terbesar didunia dengan kapitalisasi pasar. Sebagai bagian dari keluarga SEEK, perusahaan ini menggunakan produk kelas dunia untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan terkemuka diseluruh wilayah. Berikut adalah beberapa tampilan dari website jobstreet.co.id
Gambar 4.1.3.1 Tampilan Header dan Badan Utama Halaman Utama
Pada bagian header disammping logo dari jobstreet adalah negara mana yang dipilih untuk mencari pekerjaan. Pada gambar dipilih negara Indonesia. Disamping itu terdapat pilihan bahasa yang digunakan. Dibagian sebelah kanan terdapat tombol, masuk, mendaftar, dan juga perusahaan. Dibawah header terdapat tombol daftar gratis dan juga cari lowongan. Tombol ini terdapat langsung dihalaman utama agar dapat mempermudah user.
 
Gambar 4.1.3.1 Tampilan Daftar
Jika menekan tombol daftar maka user dapat mendaftarkan dirinya melalui akun facebooknya atau dengan alamat emailnya.
Gambar 4.1.3.3 Tampilan Login
Atau jika user sudah memiliki akun di jobstreet ini user dapat langsung memasukkan alamat email yang sudah terdaftar beserta password yang didaftarkan.
Gambar 4.1.3.4 Tampilan Badan Utama
Pada badan utama halaman utama ini selain terdapat tombol daftar dan cari lowongan, terdapat pula kolom daftar cepat sebagai pengguna, profil pengguna serta iklan lowongan lengkap.
Gambar 4.1.3.5 Tampilan Halaman Pencarian Pekerjaan
Pada tombol cari lowongan jika user menekan tombol tersebut maka user akan dibawa menuju halaman dari lowongan pekerjaan pada website ini.


Gambar 4.1.3.6 Tampilan Footer
Sedangkan pada bagian footer, website ini memberikan informasi tentang perusahaan jobstreet, pencarian kerja, perusahaan yang bergabung, dan juga jobstreet dengan mobile dan media sosial. Tidak lupa pada bagian paling bawah jobstreet memberitahukan tentang jobstreet Internasional negara mana saja yang terdapat perusahaan ini dan mitra yang bekerjasama dengan jobstreet ini.



4.2    HASIL KUISIONER
No.
Pertanyaan
Tanggapan
Keterangan
SS
S
KS
TS
1.
Apakah Anda setuju tampilan dari ketiga website lowongan pekerjaan ini menarik?
4
5
1

Gambar 4.2.1
2.
Apakah Anda setuju fitur-fitur dari ketiga website lowongan pekerjaan ini sudah lengkap?
1
7
2

Gambar 4.2.2
3.
Apakah Anda setuju ketiga website lowongan pekerjaan ini mudah untuk digunakan?
2
8


Gambar 4.2.3
4.
Apakah Anda setuju ketiga website lowongan pekerjaan ini memiliki Isi (Content) yang jelas?
6
2
2

Gambar 4.2.4
5.
Apakah Anda setuju ketiga website lowongan pekerjaan ini memiliki ikon-ikon yang mudah dipahami?
3
7


Gambar 4.2.5
6.
Apakah Anda setuju tampilan dari ketiga website lowongan pekerjaan ini interaktif?
2
8


Gambar 4.2.6
7.
Apakah Anda setuju ketiga website lowongan pekerjaan ini memberikan informasi yang Anda inginkan?
1
9


Gambar 4.2.7
8.
Apakah Anda setuju dari ketiga website ini memberikan informasi yang akurat?
5
3
2

Gambar 4.2.8
9.
Apakah Anda setuju dari ketiga website ini dapat membantu dalam menyimpan data Pelamar dengan baik ?
4
6


Gambar 4.2.9
10.
Apakah tampilan yang berada pada ketiga website lowongan pekerjaan ini sudah sesuai dengan yang Anda inginkan?
3
6
1

Gambar 4.2.10
Keterangan :
SS = Sangat Setuju ; S =  Setuju ; KS = Kurang Setuju ; TS = Tidak Setuju







BAB V PENUTUP
5.1    KESIMPULAN
Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengguna (user) membutuhkan suatu website  lowongan pekerjaan yang dapat menyimpan data pribadi pengguna (user) sebagai calon pelamar dan juga dapat menyimpan data pribadi sebuah perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Dari ketiga website lowongan pekerjaan ini sudah dapat menyimpan data para pengguna website tersebut dengan cukup baik. Sehingga tidak ketahuan oleh pihak ketiga. Ketiga website lowongan pekerjaan ini juga mudah digunakan dan juga termasuk website yang interaktif terhadap pengguna.
Para pengguna website lowongan pekerjaan ini menginginkan sebuah website yang memiliki isi (content) yang jelas dan ikon-ikon yang mudah dipahami. Kelengkapan informasi serta informasi yang akurat membuat para pengguna tertarik untuk menggunakan website. Dari hasil analisa ketiga website lowongan pekerjaan ini sudah membuat para sampel penelitian merasa tertarik untuk menggunakan website lowongan pekerjaan ini. Karena ketiga website lowongan pekerjaan ini mudah untuk digunakan.

5.2    Saran
Agar pengguna memiliki minat dalam penggunaan website lowongan kerja dari segi tampilan website ini harus lebih menarik dan adanya sosialisasi atau iklan mengenai website lowonngan pekerjaan ini. Serta informasi yang ditampilkan harus lebih akurat.




DAFTAR PUSTAKA
Karir.com
Jobsdb.com
Jobstreet.co.id
https://r4dennur.wordpress.com/2010/04/16/manusia-dan-desain-antar-muka/
http://princessleejinki.blogspot.co.id/2012/10/perencanaan-dan-rekrutmen-karyawan.html
http://kbbi.web.id/analisis
http://www.caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan.html
http://www.psikologiku.com/pengertian-minat-menurut-para-ahli-psikologi/
http://pribadinamunluas.blogspot.co.id/2015/03/penertian-pengaruh-menurut-beberapa-ahli.html
http://ariplie.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-rekrutmen-menurut-ahli.html
http://www.aldo-expert.com/writers/pengertian-aplikasi-berbasis-web-dan-desktop.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar