Minggu, 24 April 2016

Bahasa Indonesia 2 (Karangan Ilmiah)



DAMPAK TELEPON GENGGAM PADA KESEHATAN

DISUSUN OLEH :
SUCI FAJARWATI RAMADHAN
(18113656)
3KA07



SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat  Tuhan YME  atas limpahan rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan penulisan karangan ilmiah tentang “Dampak Penggunaan Telepon Genggam Pada Kesehatan”. Penulisan karangan ilmiah ini disusun sebagai salah satu pengambilan nilai tugas yang diajarkan oleh Ibu Dian Sri Mulyani sebagai tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu penulis dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan penulisan karangan ilmiah ini. Penulis menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada penulisan karangan ilmiah ini. Oleh karena itu penulis mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.
Akhir kata, penulis berharap semoga penulisan karangan ilmiah ini dapat memberikan manfaat serta sumbangsih positif bagi kita semua.

Depok, 23 April 2015


               Penulis

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Konsumsi manusia akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin mengalami kemajuan. Komunikasi yang dulunya digunakan memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini menjadi sangat dekat dan tanpa jarak. Awalnya teknologi diciptakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sehingga manusia tidak lagi memerlukan dan menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
Salah satu contoh kemajuan teknologi yang sangat pesat adalah telepon genggam (handphone). Sekarang ini telepon genggam (handphone) sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Setiap orang kini sudah memiliki telepon genggam. Kemanapun setiap orang pergi tentunya selalu membawa alat komunikasi ini. Telepon genggam ini tidak hanya digunakan untuk sarana kommunikasi. Dengan berkembangnya teknologi kini telepon genggam sudah memiliki beberapa fitur yang sangat membanntu kegiatan manusia. Contoh fitur yang ada yakni; kamera, mp3, radio, catatang, kalkulatorm alat perekam, koneksi internet, dan lain sebagainya. Selain fitur yang disediakan semakin meningkat, tampilan dari telepon genggam kini juga mengalami kemajuan. Telepon genggam yang dahulu dengan ukuran besar kini menjadi semakin tipis dan mudah untuk di bawa berpergian. Selain dari dua hal sebelumnya telepon genggam kini juga dapat kita beli dengan harga yang terjangkau.
Tidak hanya memiliki keunggulan, akan tetapi telepon genggam (handphone) juga memiliki dampak buruk. Salah satu dampak buruknya telepon genggam (handphone) adalah pengaruh buruk telepon genggam untuk kesehatan. Oleh karena itu pada penulisan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai “Dampak Penggunaan Telepon Genggam Pada Kesehatan”.

1.2 RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah dari penulisan ini yaitu;
1. Apa yang dimaksud dari telepon genggam?
2. Apa manfaat dari penggunaan telepon genggam?
3. Apa dampak penggunaan telepon genggam pada kesehatan?
4. Bagaimana cara menanggulangi dampak dari pengunaan telepon genggam pada kesehatan?

1.3 TUJUAN
Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai telepon genggam (handphone) dan dampak penggunaan telepon genggam (handphone) bagi kesehatan.

1.4 MANFAAT
Manfaat dari penulisan ini yaitu agar mengetahui bahaya telepon genggam bagi kesehatan dan menuntaskan nilai mata kuliah Bahasa Indonesia 2.





BAB II PEMBAHASAN

Telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).
Manfaat dari penggunaan telepon genggam (handphone) yaitu :
1. Komunikasi Antar Manusia
Telepon genggam (handphone) adalah suatu bentuk pengembangan terbaru dari teknologi telepon nirkabel.  Dengan telepon genggam (handphone) seseorang dapat melakukan komunikasi seperti handphone biasa pada umumnya, yaitu seperti untuk telepon suara, mengirim pesan sms, pesan mms, dan layanan data.  Akan tetapi telepon genggam (handphone) dilengkapi dengan prosesor, memori, dan perlengkapan lainnya yang lebih canggih mirip seperti teknologi yang ada pada komputer.
2. Mencari Informasi / Ilmu
Berselancar di dunia internet jauh lebih nyaman jika menggunakan telepon genggam (handphone) daripada hp biasa yang belum dilengkapi dengan teknologi yang canggih.  Berselancar di dunia maya akan terasa lebih cepat dengan telepon genggam (handphone) yang menggunakan koneksi internet tanpa kabel generasi terbaru seperti 3G, 3,5G, 4G, 4,5G, 5G, dan seterusnya.  Ditambah lagi dengan web browser terbaru yang dapat menerjemahkan bahasa html dan bahasa permograman web serta teknologi terbaru lainnya.
3. Hiburan
Telepon genggam (handphone) dapat menayangkan berbagai format multimedia yang ada.  Media streaming online pun juga dapat dengan mudah dijalankan di telepon genggam (handphone) yang canggih tanpa banyak kendala.  Ditambah lagi dengan adanya berbagai aplikasi hiburan gratisan yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar menambah lengkap sarana hiburan yang ada pada telepon genggam (handphone).
4. Aplikasi
Pengguna hape telepon genggam (handphone) dapat memasang dan menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan juga non internet yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya.  Setiap aplikasi memiliki spesifikasi minimal yang dibutuhkan agar dapat berjalan dengan lancar.  Semakin canggih dan baru suatu gadget telepon genggam (handphone) yang digunakan, maka pada umumnya semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan.
5. Penyimpanan Data
Kapasitas memori telepon genggam (handphone) yang besar bisa berfungsi sebagai media penyimpanan data file.  Seperti halnya usb flashdisk, usb external drive dan multimedia card, handphone yang canggih pun dapat dipergunakan untuk meletakkan berbagai file sesuai dengan kapasitas yang ada pada telepon genggam (handphone).  telepon genggam yang diberi kartu memory tambahan akan mampu menampung data lebih besar.
6. Gaya
Ada banyak orang yang menggunakan handphone telepon genggam (handphone) untuk menunjang penampilan sehari-hari.  Orang yang memiliki gengsi yang tinggi akan berusaha sekuat tenaga untuk menggunakan telepon genggam (handphone) yang dipandang orang keren dan canggih.
7. Penunjuk Arah
Salah satu fungsi penting dari telepon genggam (handphone) adalah untuk mendapatkan informasi arah mata angin, arah kiblat, dan lain sebagainya.  Telepon genggam (handphone) yang memiliki fasilitas GPS dapat menunjukkan arah mata angin seperti layaknya kompas sungguhan.  Selain itu dengan dipadukan layanan jejaring sosial maka dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik dan dibutuhkan.

Dampak Positif
1. Mempermudah komunikasi. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah.
2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Karena bagaimanapun teknologi ini hari ini sudah merambah hingga kepelososk-pelosok desa.
3. Memperluas jaringan persahabatan. 

Dampak Negatif :
1. Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Otak
Seseorang yang menggunakan handphone secara berlebihan, dimana setiap waktu tidak lepas dari handphone dapat beresiko menderita kanker otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan WHO yang merupakan badan organisasi kesehatan di dunia menyatakan bahwa resiko remaja terkena kanker otak yang disebabkan oleh penggunaan handphone lebih besar dibandingkan pada orang tua, hal ini tentu saja dikarenakan gaya hidup remaja yang jauh lebih sering bersentuhan dengan handphone dibandingkan dengan orang tua, sehingga lebih sering terkena radiasi dari handphone tersebut.
2. Dapat Menyebabkan Hilangnya Pendengaran atau Tuli
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka sebaiknya jangan menggunakan handphone lebih dari 1 (satu) jam dalam sehari dalam jangka waktu selama 2 (dua) tahun, hal ini dikarenakan penggunaan handphone yang didengarkan melalui bagian telinga dapat memancarkan radiasi yang tentunya mampu memicu kerusakan sel-sel rambut yang merupakan salah satu sensor audio pada alat pendengaran anda.
3. Dapat Mengurangi Kinerja Denyut Jantung
Apabila anda memiliki kebiasaan menggunakan handphone dan kemudian menaruhnya disaku atau kantong baju dan kemeja anda, maka mulai sekarang jangan melakukan kebiasaan ini lagi. Ternyata handphone yang diletakkan di saku baju atau celana anda, ketika bordering ataupun bergetar akan menimbulkan radiasi pada tubuh sehingga dapat berakibat fatal pada kerja dan proses denyut jantung. Jantung akan melemah dan bahkan menimbulkan resiko yang lebih parah lagi.
4. Dapat Menimbulkan Stress.
Pemakaian handphone yang berlebihan tentu dapat mengakibatkan stress, mungkin hal ini kadang tidak disadari, tapi coba lihat para remaja sekarang dimana handphone banyak dianggap sebagai benda yang terpenting, satu jam saja tanpa handphone mereka akan merasa bingung bahkan menimbulkan stress karena adanya ketergantungan yang tinggi pada handphone mereka. Selain itu dikarenakan terus berkembangnya kemajuan teknologi pada handphone dimana menimbulkan keinginan untuk memiliki handphone dengan type dan jenis terbaru tidak sedikit yang dapat menimbulkan stress dikarenakan hal ini.
5. Beresiko Menurunkan Kualitas Sperma
Apabila anda termasuk pria yang sering menaruh handphone di saku celana, maka berhati-hatilah karena handphone yang diletakkan di saku celana ternyata dapat beresiko mengurangi dan menurunkan kualitas sperma sampai dengan 25%.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak penggunaan telepon selular bagi kesehatan.
1. Ketika berbicara menggunakan telepon selular, gunakanlah speakerphone atau handsfree. Walau tidak sepenuhnya aman karena pancaran radiasi masih bisa mengenai tubuh, namun hal ini jauh lebih baik daripada menempelkan telepon selular pada kepala.
2. Janganlah selalu menempelkan telepon selular yang sedang aktif pada tubuh sepanjang hari, bila sedang berada di dalam ruangan, taruhlah telepon selular pada meja.
3. Gunakanlah telepon selular saat sinyal dalam posisi maksimal, bila sinyal kurang maka pancaran radiasi telepon selular lebih besar.
4. Janganlah menggunakan telepon selular saat di lift, mobil, kereta api atau pesawat terbang. Telepon selular mengeluarkan banyak tenaga dan radiasi pada tempat yang tertutup logam.
5. Bila memungkinkan, pilihlah berkomunikasi dengan SMS.
6. Bila di dalam rumah, gunakan telepon kabel.
7. Penggunaan bahan penyaring radiasi seperti yang dijual di pasaran justru akan menghambat sinyal ponsel dan menyebabkan ponsel lebih banyak memancarkan radiasi.
8. Jika anda memiliki router nirkabel di rumah atau apartemen, taruhlah di tempat yang jauh dari tempat tidur atau di tempat yang jarang digunakan.
9. Gunakanlah koneksi internet menggunakan kabel sedapat mungkin.
10. Matikan konektivitas nirkabel komputer bila sedang tidak digunakan seperti bluetooth, WIFI dan lain lain

BAB III METODOLOGI PENULISAN
3.1   PROSEDUR PENELITIAN
1.      Waktu Penelitian              : 25 April 2016
2.      Tempat Penelitian             : Cibinong, Kab. Bogor
3.      Populasi Penelitian            : Peserta Car Free Day
4.      Sampel Penelitian             : 10 orang peserta car free day

3.2   METODE PENELITIAN
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis. Dengan mengumpulkan informasi secara faktual, akurat, dan terperinci mengenai fakta yang menitikberatkan pada observasi dan suasana ilmiah. Dengan mencari teori serta data yang berhubungan dengan pengaruh telepon genggam pada kesehatan. Dengan mengambil 10 sampel orang dari peserta car free day mengenai tanggapan mereka tentang pengaruh telepon genggam pada kesehatan. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan lembar kuesioner yang akan diisi oleh peserta car free day tersebut.

3.3   INSTRUMEN PENELITIAN
Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut :
3.3.1   STUDI PUSTAKA
Teknik studi pustaka dilakukan untuk pengumpulan data melalui buku-buku dan internet yang dijadikan sebagai sumber.
3.3.2   TEKNIK ANGKET (KUISIONER)
Dalam penelitian ini melakukan pengumpulan data dari pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk menggalai data sesuai dengan permasalahan penelitian.
3.3.3   TEKNIK OBSERVASI
Melakukan observasi dengan melihat dokumen-dokumen dan meninjau langsung bagaimana cara kerja dalam sebuah bengkel sehingga diperoleh data yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

3.4    TEKNIK ANALISIS DATA
Dari data yang telah ada akan ditelaah secara menyuluruh. Pada penelitian ini akan dilihat hasil kuesioner yang diisi oleh 10 orang peserta car free day untuk mengetahui tanggapan dari mereka mengenai pengaruh telepon genggam pada kesehatan. Setelah itu data akan dianalisa dengan mengkategorikan data tersebut untuk menarik suatu kesimpulan dari hasil analisa ini.
3.5 HASIL KUISIONER

No.
Pertanyaan
Tanggapan
Ya
Tidak
1.
Apakah Anda memiliki telepon genggam (handphone) ?
10

2.
Apakah Anda memiliki lebih dari satu telepon genggam (handphone) ?
7
3
3.
Apakah Anda mengecek  telepon genggam (handphone) sepuluh menit sekali?
8
2
4.
Apakah Anda menjadikan  telepon genggam (handphone) suatu kebutuhan yang harus ada?
10

5.
Apakah  telepon genggam (handphone) menggangu aktifitas anda?
1
9






BAB IV PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari kuisioner yang sudah dibagikan dapat disimpulkan bahwa sekarang ini telepon genggam (handphone) sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Masyarakat sudah sangat bergantung dengan barang elektronik ini. Karena telepon genggam memiliki banyak manfaat dalam mempercepat pekerjaan serta komunikasi antar masyarakat. Akan tetapi dengan banyaknya keuntungan yang didapat terdapat pula kerugian yang ditimbulkannya. Salah satunya adalah kesehatan dalam tubuh menjadi menurun. Penggunaan telepon genggam berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena kanker otak, dapat menyebabkan hilangnya pendengaran atau tuli, dapat mengurangi kinerja denyut jantung, dapat menimbulkan stress, dan dapat pula menurunkan jumlah sperma. Agar terhindar dari dampak buruk dari telepon genggam yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaannya. Menggunakan telepon genggam sesuai kebutuhan saja.


Sumber referensi:
http://www.blogdokter.net/2011/12/17/10-cara-mengurangi-dampak-radiasi-telepon-seluler-bagi-tubuh/
http://platinumpulsacell.blogspot.co.id/2014/06/efek-negatif-menggunakan-handphone.html
http://ludvyro.blogspot.co.id/
https://blogpenemu.blogspot.co.id/2014/01/penemu-telepon-genggam-pertama-martin.html
http://www.organisasi.org/1970/01/kegunaan-fungsi-manfaat-handphone-telepongenggam (handphone)-bagi-manusia.html
https://ibenxs.wordpress.com/news/pengaruh-telephone-genggam-terhadap-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar