Minggu, 24 April 2016

Bahasa Indonesia Sekarang Ini



Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menggambarkan jati diri bangsa Indonesia. Identitas dan ciri khas negara Indonesia tergambarkan melalui bahasa nasional yang digunakan. Bahasa persatuan bangsa ini yakni bahasa Indonesia sudah ada sejak sebelum negara Indonesia merdeka. Seperti yang telah diketahui, Indonesia memiliki banyak suku. Sehingga bahasa Indonesia menjadi pemersatu antarsuku yang ada dalam negara Indonesia ini. Agar bahasa Indonesia dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan baik antar suku yang ada di Indonesia.
Pada era globalisasi keberadaan bahasa Indonesia lambat laun mengalami peurunan. Masyarakat atau penduduk yang ada di Indonesia lebih sering menggunakan bahasa asing dan bahasa gaul (bahasa sehari hari). Tidak hanya pada kehidupan bermasyarakat, bahasa Indonesia ini sudah mengalami penurunan pada dunia pendidikan. Hal ini  dapat disebabkan oleh beberapa buku cetak pelajaran bahasa Indonesia banyak sekali ditemukan kalimat dan kata – kata yang tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Dan juga media sosial serta televise maupun radio yang banyak digunakan oleh generasi muda sering sekali menggunakan bahasa – bahasa sehari – hari. Sehingga generasi muda sekarang mengikuti bahasa – bahasa gaul atau bahasa sehari – hari tersebut dalam kehidupannya.
Banyak sekali yang tidak mengetahui bahwa bahasa Indonesia ini eksis dalam dunia Internasional juga. Bahasa Indonesia menjadi bahasa dengan tata bahasa terumit ketiga di dunia setelah Jepang dan Mandarin. Lalu jika dilihat pada Wikipedia, bahasa Indonesia menduduki peringkat ke 26 dari 250 bahasa Internasional  yang ada pada Wikipedia tersebut.
Dan juga tergesernya bahasa Indonesia ini juga merupakan dampak dari perkembangan teknologi yang ada. Maraknya aplikasi pada smartphone atau PC anda yang menggunakan bahasa Internasional. Hal ini memicu kaum generasi muda untuk mempelajari bahasa Internasional pula. Kini tak bisa disalahkan siapa yang menyebabkan bahasa Indonesia menjadi terkikis oleh jaman. Oleh karena itu sebagai kaum dan generasi muda selayaknya ikut melestarikan bahasa nasional yang menyatukan suku – suku yang ada pada negara ini dan menjadi ciri khas tersendiri untuk negara ini.
Sebagai generasi muda kita harus meningkatkan agar bahasa persatuan kita yakni bahasa Indonesia semakin dikenal oleh dunia Internasiona. Agar bahasai kita tidak terkikis oleh perkembangan teknologi yang pesat. Cara mudah yang dapat kita terapkan agar bahasa Indonesia tetap terjaga adalah mulailah dari diri kita sendiri. Dimulai dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selanjutnya mulailah menyebarkan keinginan untuk menggunakan bahasa Indonesia pada kehidupan sehari – hari. Jangan pernah malu apalagi gengsi jika menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menandakan bahwa itu ciri khas dari bahasa negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar