Sabtu, 18 Oktober 2014

[Resume] Konflik dalam organisasi

Konflik dalam Organisasi

Konflik merupakan bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari. Konflik dalam sebuah organisasi dapat diartikan sebagai ketidak setujuan diantara dua orang atau lebih anggota organisasi atau kelompok oraganisasi-organisasi yang timbul karena terjadi kesalahan komunikasi antara anggota kelompok dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai, dan persepsi yang berbeda. Jenis - jenis konflik organisasi:
1.      Dari segi pihak yang terlibat dalam konflik,
2.      Konflik individu dengan individu,
3.      Konflik individu dengan kelompok, dan
4.      Konflik kelompok dengan kelompok.
Dari segi keuntungan konflik dapat meningkatkan pertumbuhan, kreativitas, perkembangan keahlian interpersonal, pengertian yang saling menguntungkan, perubahan dan perkembangan sosial, serta keaslian dan cerminan ketika sudut pandang anda tertantang. Sedangkan kerugiannya konflik dapat menyebabkan meningkatnya stress, produktivitas menurun, pengambilan keputusan yang tidak tepat, dan sebagainya.
Strategi penyelesaian konflik:
a.       Menghindar
b.      Mengakomodasi
c.       Kompromi atau Negosiasi
d.      Memecahkan Masalah atau Kolaborasi
e.       Bersikap Proaktif
f.       Komunikasi
g.      Keterbukaan
h.      Cari Tahu Akar Masalah
i.        Adil
Oleh karena itu konflik dapat dijadikan bahan acuan untuk mengembangkan suatu organisasi. Karena konflik itu tidak hanya berdampak negatif melainkan konflik juga dapat memberikan banyak manfaat bagi organisasi itu sendiri.

Suci Fajarwati Ramadhan
18113656
2KA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar