Jenis -
Jenis Profesi dan Deskripsi Dibidang IT
Perkembangan dunia IT telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas
dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan
segala aktifitas. Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang IT atau Teknologi
Informasi.Munculnya bidang IT yang baru juga memunculkan profesi di bidang IT
yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing. Berikut ini
merupakan aneka profesi di bidang IT :
1.
Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi
untuk client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan.
Tugas : Membuat program baik aplikasi
maupun system operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada.
Kualifikasi :
- Menguasai logika dan algoritma pemrograman
- Menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, Ajax, CSS, JavaScript, C++,
VB, PHP, Java, Ruby dll.
- Memahami SQL
- Menguasai bahasa inggris IT
2.
IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan
seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti
install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Profesi ini
cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara otodidak tanpa memerlukan
pendidikan khusus.
Tugas : install software, memperbaiki
hardware, dan membuat jaringan.
Kualifikasi :
- Menguasai bagian-bagian hardware computer
- Mengetahui cara install program
atau aplikasi software
- Menguasai sejumlah aplikasi umum
sistem operasi komputer
3.
Software Engineer adalah mereka yang memiliki keahlian
untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem
sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Tugas : merancang dan menerapkan
metode terbaik dalam pengembangan proyek software.
Kualifikasi : menguasai keahlian
sebagai programmer dan system analyst dan menguasai metode pengembangan
software seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll.
4.
Database Administrator adalah mereka yang memiliki
keahlian untuk mendesain, mengimplementasi, memelihara dan memperbaiki
database.
Tugas : menginstal perangkat lunak
baru, mengkonfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator, mengelola
keamanan database, dan analisa data di database.
Kualifikasi :
Menguasai teknologi database seperti
Oracle, Sybase, DB2, MS Access serta Sistem Operasi dan menguasai teknologi
server dan storage.
5.
Web Administrator adalah seseorang yang bertanggung
jawab secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.
Tugas :
- Menjaga kelancaran akses situs
(instalasi dan konfigurasi sistem)
- Merawat hosting dan domain
- Mengatur keamanan server dan
firewall
- Mengatur akun dan kata sandi untuk
admin serta user
Kualifikasi :
- Menguasai keahlian seorang
programmer
- Menguasai jaringan (LAN, WAN,
Intranet)
- Menguasai OS Unix (Linux, FreeBSD,
dll)
6.
Web Developer adalah mereka yang memiliki keahlian
untuk memberikan konsultasi pembangunan sebuah situs dengan konsep yang telah
ditentukan.
Tugas :
- Menganalisa kebutuhan system
- Merancang web atau situs (desain
dan program)
- Mengaktifkan domain dan hosting
- Pemeliharaan situs dan promosi
Kualifikasi :
- Menguasai pemrograman web
- Menguasai pengelolaan database
- Mengerti domain dan hosting
- Menguasai sistem jaringan
7.
Web Designer adalah mereka yang memiliki keahlian dalam
membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan
promosi situs secara visual.
Tugas : mendesain tampilan situs dan
memastikan tampilan gambar berfungsi ketika ditambahkan bahasa pemrograman.
Kualifikasi :
- Menguasai HTML, CSS dan XHTML
- Menguasai Adobe Photoshop &
Illustrator
- Memiliki jiwa seni dan harus
kreatif
8.
Network Engineer adalah orang yang berkecimpung dalam
bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada
troubleshooting-nya.
Tugas :
- Membuat jaringan untuk perusahaan
atau instansi
- Mengatur email, anti spam dan virus
protection
- Melakukan pengaturan user account,
izin dan kata sandi
- Mengawasi penggunaan jaringan
Kualifikasi : menguasai server,
workstation dan hub/switch.
9.
System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian
untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system
yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system
yang akan dikembangkan.
Tugas :
- Mengembangkan perangkat
lunak/software dalam tahapan requirement, design dan construction
- Membuat dokumen requirement dan
desain software berdasarkan jenis bisnis customer
- Membangun framework untuk digunakan
dalam pengembangan software oleh programmer
Kualifikasi :
- Menguasai keahlian sebagai
programmer
- Menguasai metode dan best practice
pemrograman
- Memahami arsitektur aplikasi dan
teknologi terkini
Itulah aneka profesi di bidang IT yang sangat potensial untuk dijadikan
karir ke depannya dan profesi di bidang IT ini mungkin saja akan semakin
bertambah seiring berkembangnya dunia teknologi informasi sehingga kesempatan
mencari lowongan kerja it atau sesuai bidang ini semakin terbuka lebar.
Deskripsi Kerja Profesi IT
Berikut ini merupakan beberapa deskripsi kerja (job description) dari
beberapa profesi yang terdapat di bidang IT.
1. IT Programmer
·
Mengambil bagian dalam pengembangan dan
integrasi perangkat lunak.
·
Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan
perangkat lunak.
·
Menerima permintaan user untuk masalah-masalah
yang harus diselesaikan.
·
Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah
konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
·
Bertanggung jawab atas kepuasan terkini
pelanggan.
·
Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan
tanggung jawab yang diminta, seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana
dasar perusahaan untuk membangun kecakapan dalam portofolio produk.
·
Mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti
yang diberikan.
·
Membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan
bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.
.2. System Analyst
·
Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan
evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.
·
Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi,
troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
·
Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi,
troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat lunak, serta
sistem pengoperasiannya.
·
Melakukan analisis dan evaluasi terhadap
prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang diajukan atau terhadap kendala yang
ada untuk memenuhi keperluan data processing.
·
Mempersiapkan flowchart dan diagram yang
menggambarkan kemampuan dan proses dari sistem yang digunakan.
·
Melakukan riset dan rekomendasi untuk pembelian,
penggunaan, dan pembangunan hardware dan software.
·
Memperbaiki berbagai masalah seputar hardware,
software, dan konektivitas, termasuk di dalamnya akses pengguna dan konfigurasi
komponen.
·
Memilih prosedur yang tepat dan mencari support
ketika terjadi kesalahan, dan panduan yang ada tidak mencukupi, atau timbul
permasalahan besar yang tidak terduga.
·
Mencatat dan memelihara laporan tentang
perlengkapan perangkat keras dan lunak, lisensi situs dan/ atau server, serta
akses dan security pengguna.
·
Mencari alternatif untuk mengoptimalkan
penggunaan computer.
·
Mampu bekerja sebagai bagian dari team, misalnya
dalam hal jaringan, guna menjamin konektivitas dan keserasian proses di antara
sistem yang ada.
·
Mencatat dan menyimpan dokumentasi atas sistem.
·
Melakukan riset yang bersifat teknis atas system
upgrade untuk menentukan feasibility, biaya dan waktu, serta kesesuaian dengan
sistem yang ada.
·
Menjaga confidentiality atas informasi yang
diproses dan disimpan dalam jaringan.
·
Mendokumentasikan kekurangan serta solusi
terhadap sistem yang ada sebagai catatan untuk masa yang akan datang.
3. IT Project Manager
·
Mengembangkan dan mengelola work breakdown
structure (WBS) proyek teknologi informasi.
·
Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek
untuk proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan
proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.
·
Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan
kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
·
Menyiapkan laporan status proyek dengan
mengumpulkan, menganalisis, dan meringkas informasi dan tren.
·
Menetapkan tugas, tanggung jawab, dan rentang
kewenangan kepada personil proyek.
·
Mengkoordinasikan rekrutmen atau pemilihan
personil proyek.
·
Mengembangkan dan mengelola anggaran tahunan
untuk proyek-proyek teknologi informasi.
·
Mengembangkan rencana pelaksanaan yang mencakup
analisis seperti biaya-manfaat atau laba atas investasi. Secara langsung atau
mengkoordinasikan kegiatan personil proyek.
·
Menetapkan dan melaksanakan rencana komunikasi
proyek.
4. IT Support Officer
·
Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan
permintaan bantuan IT.
·
Membeli hardware IT, software dan hal-hal lain
yang berhubungan dengan hal tersebut.
·
Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan
harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan
termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
·
Korespondensi dengan penyedia jasa eksternal
termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware, dan software
supplier, dll.
·
Mengatur penawaran harga barang dan tanda terima
dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
·
Menyediakan data / informasi yang dibutuhkan
untuk pembuatan laporan departement regular.
5. Network Administrator
·
Maintain dan perawatan jaringan LAN.
·
Archive data.
·
Maintain dan perawatan komputer.
6. Network Engineer
·
Maintenance LAN dan Koneksi Internet
·
Maintenance hardware
·
Maintenance database dan file
·
Help Desk
·
Inventory
7. Network and Computer Systems Administrators
·
Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan
lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak
sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
·
Melakukan backup data dan operasi pemulihan
kerusakan.
·
Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan
menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan
masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
·
Merencanakan, mengkoordinasikan, dan
melaksanakan langkah-langkah keamanan jaringan untuk melindungi data, perangkat
lunak, dan perangkat keras.
·
Mengkonfigurasikan, memonitor, dan memelihara
aplikasi email atau virus software perlindungan.
·
Mengoperasikan master konsol untuk memonitor
kinerja sistem komputer dan jaringan, dan untuk mengkoordinasikan komputer akses
jaringan dan penggunaan.
·
Memuat rekaman komputer dan disk, dan menginstal
perangkat lunak dan kertas printer atau form.
·
Desain, mengkonfigurasi, dan perangkat keras uji
komputer, jaringan lunak dan perangkat lunak sistem operasi.
·
Memonitor kinerja jaringan untuk menentukan
apakah penyesuaian perlu dibuat, dan untuk menentukan di mana perubahan harus
dibuat di masa depan.
·
Berunding dengan pengguna jaringan tentang
bagaimana untuk memecahkan masalah sistem yang ada.
8. Network Systems and Data Communications Analysts
·
Menguji dan mengevaluasi hardware dan software
untuk menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang
ada, dan membuat rekomendasi pembelian.
·
Desain dan implementasi sistem, konfigurasi
jaringan, dan arsitektur jaringan, termasuk teknologi perangkat keras dan
perangkat lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
·
Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan
masalah komunikasi data.
·
Memantau kinerja sistem dan menyediakan
langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan yang diperlukan.
·
Menjaga dibutuhkan file dengan menambahkan dan
menghapus file pada server jaringan dan membuat cadangan file untuk menjamin
keselamatan file apabila terjadi masalah dengan jaringan.
·
Bekerja dengan engineer lain, analis sistem,
programer, teknisi, ilmuwan dan manajer tingkat atas dalam pengujian, desain
dan evaluasi sistem.
·
Mengidentifikasi area operasi yang perlu
diupgrade peralatan seperti modem, kabel serat optik, dan kabel telepon.
·
Konsultasi pelanggan, kunjungi tempat kerja atau
melakukan survei untuk menentukan kebutuhan pengguna sekarang dan masa depan.
·
Melatih pengguna dalam menggunakan peralatan.
·
Memelihara perangkat seperti printer, yang
terhubung ke jaringan.
9. Web Administrators
·
Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang
terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
·
Menentukan sumber halaman web atau masalah
server, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
·
Meninjau atau memperbarui konten halaman web
atau link pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
·
Memonitor sistem untuk intrusi atau serangan
denial of service, dan melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil yang
tepat.
·
Menerapkan langkah-langkah keamanan situs web,
seperti firewall atau enkripsi pesan.
·
Mengelola internet / intranet infrastruktur,
termasuk komponen seperti web, file transfer protocol (FTP), berita dan server
mail.
·
Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk
membahas, menganalisis, atau menyelesaikan masalah kegunaan.
·
Test backup atau pemulihan rencana secara teratur
dan menyelesaikan masalah.
·
Memonitor perkembangan web melalui pendidikan
berkelanjutan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional,
workshop, atau kelompok.
·
Menerapkan update, upgrade, dan patch pada waktu
yang tepat untuk membatasi hilangnya layanan.
10. Web Developers
·
Mendesain, membangun, atau memelihara situs web,
menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen,
dan media digital.
·
Melakukan atau update situs web langsung.
·
Menulis, desain, atau mengedit konten halaman
web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
·
Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan
untuk memprioritaskan kebutuhan, menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria
konten, atau memilih solusi.
·
Back-up file dari situs web untuk direktori
lokal untuk pemulihan instan dalam kasus masalah.
·
Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh
umpan balik pengujian atau pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau
merujuk pada personalia yang tepat untuk koreksi.
·
Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu adalah
sah, benar terstruktur, memenuhi standar industri dan kompatibel dengan
browser, perangkat, atau sistem operasi.
·
Menjaga pemahaman teknologi web saat ini atau
praktek pemrograman melalui melanjutkan pendidikan, membaca, atau partisipasi
dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
·
Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menentukan
persyaratan teknis.
·
Mengembangkan atau memvalidasi tes routine dan
jadwal untuk memastikan bahwa uji kasus meniru antarmuka eksternal dan alamat
semua jenis browser dan perangkat.
11. Computer Security Specialists
·
Mengenkripsi transmisi data dan membangun
firewall untuk menyembunyikan informasi rahasia seperti sedang dikirim dan
untuk menahan transfer digital tercemar.
·
Mengembangkan rencana untuk melindungi file
komputer terhadap modifikasi disengaja atau tidak sah, perusakan, atau
pengungkapan dan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data darurat.
·
Meninjau pelanggaran prosedur keamanan komputer
dan mendiskusikan prosedur dengan pelanggar untuk memastikan pelanggaran tidak
terulang kembali.
·
Memonitor penggunakan file data dan mengatur
akses untuk melindungi informasi dalam file komputer.
·
Monitor laporan saat ini dari virus komputer
untuk menentukan kapan untuk memperbarui sistem perlindungan virus.
·
Memodifikasi keamanan file komputer untuk
memasukkan software baru, memperbaiki kesalahan, atau mengubah status akses
individu.
·
Melakukan penilaian risiko dan melaksanakan tes
pengolahan data sistem untuk memastikan fungsi pengolahan data kegiatan dan
langkah-langkah keamanan.
·
Berunding dengan pengguna untuk membahas isu-isu
seperti akses data komputer kebutuhan, pelanggaran keamanan, dan perubahan
pemrograman.
·
Melatih pengguna dan meningkatkan kesadaran
keamanan untuk memastikan keamanan sistem dan untuk meningkatkan efisiensi
server dan jaringan.
·
Mengkoordinasikan pelaksanaan rencana sistem
komputer dengan personil pendirian dan vendor luar.
Standar Profesi ACM dan IEEE Dan
Contoh-Contoh Sertifikasi Nasional Dan Internasional Dari Sertifikasi Software
dan Database Development
1. ACM (Association for Computing
Machinery)
ACM (Association for Computing Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan
Komputer adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama didunia
yang didirikan pada tahun 1947 SIG dan ACM, mensponsori konferensi yang
bertujuan untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu. Tidak hanya
mensponsori konferensi ,ACM juga pernah mensponsori pertandingan catur antara
Garry Kasparov dan computer IBM DeepBlue.
ACM telah menciptakan sebuah perpustakaan digital dimana ia telah membuat
seluruh publikasi yang tersedia .ACM perpustakaan digital merupakan koleksi
terbesar didunia informasi mengenai mesin komputasi dan berisi arsip jurnal
,majalah ,prosiding konferensi online,danisu-isu terkini ACM publikasi. Layanan
online termasuk forum yang disebut Ubiquity dan TechNews mencerna,baik yang
berisi informasi terbaru tentang dunia IT.
Pesaing utama ACM adalah IEEE Computer Society. Perbedaan antara ACM dan
IEEE adalah, ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna
akhir, sementara IEEE lebih memfokuskan pada masalah-masalah hardware dan
standardisasi. Cara lain untuk menyatakan perbedaan yaitu ACM adalah ilmuwan
komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik, meskipun subkelompok terbesar
adalah IEEE Computer Society. ACM memiliki empat “Boards” yaitu:
1.
Publikasi
2.
SIG Governing Board,
3.
pendidikan, dan
4.
Badan Layanan Keanggotaan.
2. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah
organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang
mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang
mempercepat teknologi- teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan
rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan,
antariksa, dan elektronika. Tujuan inti IEEE adalah mendorong inovasi teknologi
dan kesempurnaan untuk kepentingan kemanusiaan.
Visi IEEE adalah akan menjadi penting untuk masyarakat teknis global dan
professional teknis dimana-mana dan dikenal secara universal untuk kontribusi
teknologi dan teknis yang professional dalam meningkatkan kondisi perkembangan
global.
Standar dalam IEEE adalah mengatur fungsi ,kemampuan dan
interoperabilitas dari berbagai macam produk dan layanan yang mengubah cara
orang hidup, bekerja dan berkomunikasi. Proses pembangunan IEEE standar dapat
dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:
1. Mengamankan Sponsor,
2. Meminta Otorisasi Proyek,
3. Perakitan Kelompok Kerja,
4. Penyusunan Standard,
5. Pemungutan suara,
6. Review Komite,
7. Final Vote.
Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurus
standarisasi LAN (LocalAreaNetwork) dan MAN (MetropolitanAreaNetwork). Bagian
ini kemudian dinamakan sebagai 802. Angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2
menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini. Ada beberapa unit kerja
dengan bidang yang mereka tangani diantaranya:
IEEE Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua
IEEE Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini
IEEE Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
- Chapter Masyarakat Komunikasi (Communications Society Chapter).
- Chapter Masyarakat Sistim dan Sirkuit (Circuits and Systems Society
Chapter).
- Chapter Teknologi Bidang Kesehatan dan Biologi (Engineering in Medicine
and Biology Chapter).
- Chapter Gabungan untuk Masyarakat Pendidikan, Masyarakat Peralatan
Elektron, Masyarakat Elektronik Listrik, dan Masyarakat Pemroses Sinyal (Join
Chapter of Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics
Society, Signal Processing Society).
- Chapter Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter MTT/AP-S).
Berikut ini contoh sertifikasi yang dikeluarkan beberapa vendor
internasional yang diakui secara luas baik di Indonesia maupun di luar negeri:
A. Sertifikasi Internasional untuk bahasa pemograman Java yang
dikeluarkan oleh Sun Corporation, meliputi 3 kategori sertifikasi, yaitu:
- SCP (Sun Certified Programmer)
- SCD (Sun Certified Developer)
- SCA (Sun Certified Architect)
B. Sertifikasi lain yang juga dikeluarkan oleh Sun adalah:
- SCWCD (Sun Certified Web Component Developer)
- SCBCD (Sun Certified Business Component Developer)
- SCDJWS (Sun Certified Developer for Java Web Service)
- SCMAD (Sun Certified Mobile Application Developer)
C. Sertifikasi Internasional yang dikeluarkan Microsoft menawarkan
beberapa sertifikasi internasional sebagai pengakuan atas keahlian, kemampuan
dan pengetahuan mereka dalam bidang tertentu, yaitu:
- MCP (Microsoft Certified Professional)
- MCTS (Microsoft Certified Technical Solution)
- MCSE (Microsoft Certified System Engineer)
- MCAD (Microsoft Certification Application Development)
- MCSD (Microsoft Certified Solution Developer)
- MCT (Microsoft Certified Trainer)
D. Sedangkan sertifikasi internasional yang erat kaitannya dengan
networking yang dikeluarkan oleh Cisco. Dalam hal ini Cisco mengeluarkan
beberapa sertifikasi internasional, yaitu Associate, Professional dan Expert,
antara lain:
- CCNA (Cisco Certified Network Associate)
- CCNP (Cisco Certified Network Professional)
- CCIE (Cisco Certified Inrernetworking Expert)
- CCar (Cisco Certified Architect)
Perbandingan
ACM dan IEEE Computer Society
1. ACM
- berfokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna akhir
- ACM adalah ilmuwan computer
2. IEEE
- lebih memfokuskan pada masalah-masalah hardware dan standardisasi
- IEEE adalah untuk insinyur listrik
Meskipun subkelompok terbesar
adalah IEEE Computer Society, tentu saja ada tumpang tindih yang signifikan
antara kedua organisasi, dan mereka kadang-kadang bekerjasama dalam
proyek-proyek seperti pengembangan kurikulum ilmu computer.
Standar Profesi di Indonesia Dan Regional
Berdasarkan perkembangan Teknologi Informasi secara umum, serta kebutuhan
di Indonesia serta dalam upaya mempersiapkan diri untuk era perdagangan global.
Beberapa usulan dituangkan dalam bab ini. Usulan-usulan tersebut disejajarkan
dengan kegiatan SRIG-PS (SEARCC), dan IPKIN selaku perhimpunan masyarakat
komputer dan informatika di Indonesia. Juga tak terlepas dari agenda pemerinta
melalui Departemen terkait. Langkah-langkah yang diusulan dengan tahapan-tahapan
sebagai berikut :
- Penyusunan kode etik profesiolan Teknologi Informasi
- Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job) Teknologi Informasi di Indonesia
- Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk profesional TI
- Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat Pelatihan dalam upaya
Pengembangan Profesi
- Penerapan mekanisme re-sertifikasi
- Promosi Standard Profesi Teknologi Informasi
Beberapa rencana kegiatan SRIG-PS pada masa mendatang dalam upaya
memasyarakatkan model standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
- Distribusi dari manual SRIG-PS di SEARCC”96 di Bangkok.pada bulan Juli
1996.
- Promosi secara ekstensif oleh para anggota dari 1996-1997
- Presentasi tiap negara yang telah benar-benar mengimplementasikan
standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada SEARCC’97 di New Delhi. Ini
merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.
Untuk memasyarakatkan stardisasi profesi dan sistem sertiikasi ini, maka
harus dilakukan lebih banyak promosi dalam penyebaran standard kompetensi.
Promosi akan dilakukan melalui radio, majalah, atau bahkan TV. Terlebih lagi,
adalah penting untuk mempromosikan standard ini ke pada institusi pendidikan,
teurtama Bagian Kurikulum, karena pendidikan Teknologi Informasi harus
disesuaikan agar cocok dengan standard yang akan diterapkan dalam industri. Promosi
ini memiliki berbagai sasaran, pada tiap sasaran tujuan yang ingin dicapai
adalah berbeda-beda. Pemerintah, untuk memberi saran kepada pemerintah, dan
pembuat kebijaksanaan dalam bidang TI dalam usaha pengembangan sumber daya
manusia khususnya bidang TI. Pemberi Kerja, untuk membangkitkan kesadaran di
antara para pemberi kerja tetang nilai-nilai dari standard profesional dalam
meningkatkan kualitas profesional TI. Profesional TI, untuk mendorong agar
profesional TI, dari negara anggota melihat nilai-nilai snatndar dalam profesi
dak karir mereka.
Insitusi dan Penyusun kebijaksanaan Pendidikan, untuk memberi saran pada
pembentukan kurikulum agar dapat memenuhi kebutuhan dan standard profesional di
regional ini dalam Teknologi Informasi. Masyarakat Umum, untuk menyadarkan umum
bahwa Standard Profesional Regional adalah penting dalam menghasilkan produk
dan jasa yang berkualitas. Untuk mempromosikan model standardisasi dalam dunia
TI ini, SEARCC memiliki berbagai perencanaan kampanye antara lain :
- Publikasi dari Standard Profesional Regional diterbitkan di seluruh
negara anggota
- Presentasi secara formal di tiap negara anggota.
- Membantu implementasi standard di negara-negara anggota
- Memonitor pelaksanaan standard melalui Himpunan/Ikatan nasional
- Melakukan evaluasi dan pengujian
- Melakukan perbaikan secara terus menerus
- Penggunaan INTERNET untuk menyebarkan informasi mengenai standard ini.
Untuk mengimplementasi promosi di Phase 2, SRIG-PS memperoleh dana
bantuan yang akan digunakan untuk :
- Biaya publikasi : disain, percetakan dan distribusi
- Presentasi formal di negara anggota
- Membantu implementasi standar di negara anggota
- Pertemuan untuk mengkonsolidasi, memonitor, dan bertukar pengalaman.
Adalah penting untuk menyusun WEBpage mengenai Standardisasi Profesi pada
Teknologi Informasi. WEBpage ini akan memberikan informasi mengenai model
SRIG-PS dan model standard di Indonesia.
Sumber :
http://fitria-sumawardani.blogspot.co.id/2015/04/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html
diakses pada 4 Mei 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar