Rabu, 12 November 2014

[Resume] Komunikasi dalam organisasi

Komunikasi dalam Organisasi

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan(tujuan) hidup mereka. Untuk itu komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Begitu pula dengan sebuah organisasi. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari suatu pihak kepada lain pihak untuk mendapatkan saling pengertian. Terdapat beberapa unsur komunikasi menurut Charles E. Redfield, yakni; komunikator, penyampaian berita (lisan dan tulisan), komunikan, dan juga tanggapan (reaksi).
Dalam komunikasi terdapat beberapa gaya komunikasi dalam organisasi:
·         The Controlling Style
·         The equalitarian style
·         The Structuring Style
·         The Dynamic style
·         The Relinguishing Style
·         The Withdrawal Style
Hambatan dalam komunikasi:
a.       Hambatan teknis
1.      Kurangnya sarana dan peranan yang diperlukan dalam proses komunikasi,
2.      Penguasaan teknik dan metode berkomunikasi yang tidak sesuai, dan
3.      Kondisi fisik.
b.      Hambatan semantik
c.       Hambatan perilaku
1.      Prasangka yang didasarkan pada emosi,
2.      Suasana otoriter,
3.      Ketidakmauan untuk berubah, dan
4.      Sifat yang egosentris.
Dari hambatan yang ada, kita dapat mengatasinya dengan menggunakan strategi umpan-balik, mengenali penerima berita, dan mempertimbangkan berita.
Suci Fajarwati Ramadhan
18113656. 2KA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar